Pages

Rabu, 13 Juli 2011

Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK)

Dalam Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP) juga ditekankan perlunya pemahaman auditor dalam pemeriksaan sebuah sistem akuntansi berbasis komputer. Teknik ini dikenal dengan Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK) atau Computer Assisted Audit Techniques (CAATs).
Penggunaan TABK atau CAATs akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas auditor dalam melaksanakan audit dengan memanfaatkan segala kemampuan yang dimiliki oleh komputer. Untuk itu mengkombinasikan pemahaman mengenai pentingnya keahlian audit dengan pengetahuan sistem informasi berbasis komputer akan menghasilkan peningkatan yang sangat signifikan dalam proses audit sistem informasi. Persiapan auditor sistem informasi untuk memiliki keahlian tersebut harus dipersiapkan terlebih dahulu untuk dapat melakukan tugas sebuah audit sistem informasi
Dalam praktek audit, terutama auditee yang menggunakan sistem informasi berbasis komputer (hampir semua perusahaan besar sudah Computer-based IS), auditor yang bisa mengoperasikan TABK ini memang sangat diperlukan. Audit dapat dilakukan dengan bantuan beberapa software seperti ACL, IDEA, CA Panaudit Plus, Monarch Software, dan banyak lagi lainnya, tetapi kebanyakan fungsinya sama, yaitu sebagai data interogating.
Data Intergoating adalah pengolahan database untuk tujuan tertentu, definisinya sebagai berikut:
"CAATs is a PC based File Interrogation Tool for use by auditors, accountants, investigators and IT staff. It analyses data in many ways and allows extraction, sampling and manipulation of data in order to identify errors, problems, specific issues and trends."
Keuntungan menggunakan TABK ini antara lain adalah:
  • Increased or wider scope of investigations, which cannot be done manually; Untuk database yang berisikan ribuan transaksi, yang tidak mungkin dilakukan dengan cara manual, maka TABK sangat membantu untuk memfokuskan audit.
  • Increased coverage (covering 100% of the transactions for a year or more); TABK mampu memeriksa 100% seluruh transaksi dalam sebuah database.
  • Better information, such as extra analysis or profiling of data; TABK mampu memberikan informasi untuk analisis data dan melihat profil data.
  • Saving time; Waktu untuk proses audit lebih cepat dengan bantuakn TABK ini.
 Sumber: http://budi.perbanas.ac.id/2007/11/teknik-audit-berbantuan-komputer-tabk/

0 comments: