Pages

Senin, 20 Desember 2010

Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen menghasilkan produk informasi yang mendukung banyak kebutuhan pengambilan keputusan harian dari para manajer dan praktisi bisnis. Produk informasi yang telah ditentukan dapat memuaskan kebutuhan informasi para pengambil keputusan pada tingkat operasional dan taktis di organisasi yang dihadapi dalam situasi keputusan yang lebih terstruktur.

Alternatif pelaporan manajemen:
  • Laporan terjadwal secara periodik (periodic scheduled reports) merupakan bentuk tradisional penyediaan informasi bagi manajer dengan menggunakan format yang telah ditentukan dan menyediakan informasi rutin kepada manajer. Misalnya laporan penjualan bulanan atau tahunan.
  • Laporan pengecualian (exception reports) adalah laporan yang dibuat jika terjadi kondisi pengecualian. Misalnya laporan mengenai pelanggan yang melewati batas kreditnya.
  • Laporan permintaan dan tanggapan (demand reports and responses) merupakan laporan yang dapat langsung diperoleh oleh manajer sebagai hasil dari permintaan informasi yang mereka butuhkan.
  • Pelaporan dorong (push reporting) merupakan laporan yang diperoleh oleh manajer melalui jaringan intranet perusahaan. Laporan tersebut disiarkan melalui webcasting.
Sumber: James A. O'Brien, Pengantar Sistem Informasi

    0 comments: