Pages

Selasa, 02 Maret 2010

Diagram Hubungan Entitas (ERD) Metode Chen

Entity Relationship Diagram (ERD) adalah sebuah model data yang didasarkan atas persepsi dunia nyata, yang terdiri dari objek dasar yang disebut dengan entitas dan hubungan (relation) antara objek-objek tersebut.


Entitas (entity) adalah kelompok orang, tempat, objek, kejadian atau konsep tentang apa yang kita perlukan untuk men-capture dan menyimpan data.
Kategori entitas:
  • Orang: agen, kontraktor, pelanggan
  • Tempat: wilayah, gedung, ruangan, kampus
  • Objek: buku, mesin, produk
  • Peristiwa: penerapan, pembatalan, pendaftaran
  • Konsep: rekening, dana, stok.
Atribut (attribute) adalah sifat atau karakteristik deskriptif suatu entitas. Contoh: entitas Mahasiswa memiliki atribut: npm, nama, alamat, no_telepon, tgl_lahir.
Beberapa atribut dikelompokkan secara logis menjadi superatribut (superattribute) yang disebut atribut gabungan (compound attribute).
Misalnya, nama, merupakan atribut gabungan dari nama_depan, nama_tengah, dan nama_keluarga.

Hubungan (relationship) adalah hubungan yang terdapat di antara satu atau lebih entitas.
Misalnya: hubungan antara entitas STUDENT dan MATA KULIAH:
  • MAHASISWA mengikuti satu atau lebih MATA KULIAH.
  • MATA KULIAH diikuti oleh nol, satu, atau lebih MAHASISWA.



Contoh Relationship

Kardinalitas (cardinality) adalah jumlah minimum dan maksimum kemunculan satu entitas yang mungkin dihubungkan dengan kemunculan tunggal dari entitas lain.
Ada sejumlah kemungkinan banyaknya keterhubungan antar entitas tersebut, yaitu:
  • Satu-ke-satu (one to one)
  • Satu-ke-banyak (one to many)
  • Banyak-ke-banyak (many to many)
Satu-ke-satu (1 : 1)
Tingkat hubungan dinyatakan satu-ke-satu jika satu kejadian pada entitas yang pertama hanya mempunyai satu hubungan dengan satu kejadian yang ada pada entitas kedua, dan sebaliknya, satu kejadian pada entitas yang kedua hanya bisa mempunyai satu hubungan dengan satu kejadian pada entitas yang pertama.

Satu-pada-banyak (1 : N atau N : 1)
Tingkat hubungan satu-ke-banyak adalah sama dengan banyak pada satu, tergantung dari arah mana hubungan tersebut dilihat.
Untuk satu kejadian pada entitas yang pertama dapat mempunyai banyak hubungan dengan kejadian pada entitas yang kedua, sebaliknya untuk satu kejadian pada entitas yang kedua hanya bisa mempunyai satu hubungan pada entitas yang pertama.

Banyak-ke-banyak (N : N atau M : N)
Tingkat hubungan banyak-pada-banyak terjadi jika tiap kejadian pada sebuah entitas akan mempunyai banyak hubungan dengan kejadian pada entitas lainnya, baik dilihat dari sisi entitas yang pertama, maupun dilihat dari sisi entitas yang kedua.


Contoh Kardinalitas Metode Chen


Contoh Diagram ERD

0 comments: